Teknik Dasar Cara Bermain Biola Yang Baik

Pada artikel sebelumnya Cara Untuk - Terbaru sudah memberikan tips bagaimana cara memilih dan membeli biola (lihat Tips Cara Memilih Dan Membeli Biola) agar mendapatkan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Nah, pada artikel kali, saya ingin membagikan sedikit teknik dasar cara bermain biola yang baik mulai dari awal sekali. Panduan ini bukan diperuntukkan bagi anda yang telah mahir bermain biola, tapi bagi para pemula yang baru atau hendak belajar bermain biola. Baiklah, kita mulai tips-tipsnya.

cara bermain biola

Tips Belajar Memainkan Biola Dengan Benar

1. Kencangkan bow / busur (alat penggesek senar biola)
  • Rambut (bulu) pada bow biasanya dibiarkan lemas jika tidak dipakai. Karena itu, anda harus mengencangkannya terlebih dahulu sebelum dipakai. Caranya adalah dengan memutar skrup yang ada pada bagian ujung bow. Putar hingga tercipta jarak antara rambut dengan tangkai bow kira-kira selebar lingkaran pensil.
  • Jangan gunakan jari kelingking anda untuk mengukur, karena minyak alami pada kulit jari bisa berpindah ke rambut bow. Rambut bow harus tetap kering bebas minyak untuk menghasilkan suara yang baik.
2. Gosok rambut bow dengan rosin (damar)
  • Rosin biasa terdiri dari dua jenis, yaitu yang berwarna gelap dan berwarna cerah. Dua-duanya sama saja dan bisa digunakan. Tujuan menggosok rambut bow dengan rosin ini adalah agar rambut bow menjadi sedikit lengket dan dapat mencengkeram senar biola saat digesekan.
  • Gosok rambut bow dengan rosin secara lembut dari ujung ke ujung. Cukup lakukan 3 sampai 4 kali saja, karena jika terlalu banyak, maka rambut bow bisa menjadi sangat lengket dan terlalu kuat mencengkeram senar biola. Ini akan menghasilkan suara yang terlalu nyaring dan menusuk telinga.
3. Menyetem senar biola
  • Setiap akan memainkan biola, anda perlu menyetem senar biola agar menghasilkan nada yang benar dan sesuai. Urutan nada pada senar biola mulai dari nada terendah hingga yang tertinggi adalah G - D - A - E.
  • Anda dapat menggunakan tuner listrik ataupun peluit nada untuk membantu menyetem senar biola. Putar pasak tuning yang berada pada ujung leher biola hingga anda mendapatkan nada yang tepat.
4. Cara memegang bow (tongkat gesek)
  • Letakkan bagian tengah jari telunjuk pada pegangan tongkat (pada bagian yang sedikit empuk) dan jari jempol untuk menahannya pada arah yang berlawanan. Sedangkan posisi jari tengah hingga kelingking adalah sejajar dengan jari telunjuk, dengan posisi jari kelingking agak sedikit melengkung.
  • Pegang bow dengan santai sehingga sedikit fleksibel ketika digunakan untuk menggesek senar biola. Jangan terlalu ketat dan kaku.
5. Cara memegang biola
  • Berdiri atau duduklah dengan posisi punggung lurus. Pegang leher biola dengan tangan kiri dan letakkan pantat biola pada tulang bahu dan menempel ke leher anda.
  • Jepit biola dengan tulang rahang anda (bukan tulang dagu). Fungsinya agar posisi biola bisa stabil dan tidak meleset.
6. Sempurnakan posisi tangan
  • Untuk tangan kiri yang memegang biola, anda harus memposisikan telapak tangan sedikit dibawah dagu, sehingga posisi biola lurus dan sejajar.
  • Untuk tangan kanan yang memegang bow, sebagai pemula anda harus memulai dengan mengangkat tangan setinggi mungkin untuk memudahkan anda menggesek senar biola dari yang nada terendah hingga senar dengan nada tertinggi. Dengan berjalannya waktu, anda akan mendapatkan posisi tangan yang benar-benar nyaman.
7. Mulailah belajar menggesek senar biola
  • Mulai dengan menggesek senar dalam keadaan loss (tidak dipencet). Gesek panjang, kemudian pendek. Gesek dengan tekanan, kemudian dengan lembut. Ini akan membiasakan telinga dan tangan anda untuk mendapatkan tekanan suara yang sesuai.
  • Setelah itu anda dapat melatih memainkan nada do-re-mi-fa-sol-la-si pada setiap senar maupun antara senar. Untuk lebih melengkapi cara pembelajaran anda memainkan biola, simak video berikut ini:


Itulah tadi beberapa tips mengenai teknik dasar cara bermain biola yang baik. Semoga artikel dapat membantu anda. Selamat berlatih!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Teknik Dasar Cara Bermain Biola Yang Baik