Tips Cara Menyembuhkan Bibir Bengkak

Bibir bengkak adalah pembesaran abnormal pada bibir yang dapat terlihat jelas secara kasat mata. Biasanya pembengkakan dapat muncul akibat trauma yang terjadi pada jaringan lunak dalam bibir. Sebelum saya memberikan tips cara menyembuhkan bibir bengkak, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab bibir bengkak. Beberapa alasan yang diketahui dapat menimbulkan masalah ini antara lain kondisi iklim ekstrim, dehidrasi, infeksi virus, kekurangan nutrisi, gigitan serangga, alergi terhadap jenis makanan tertentu, hingga penggunaan produk perawatan bibir yang salah.

cara mengatasi bibir bengkak

bibir bengkak

Untuk dapat mengatasinya secara cepat, anda tentu harus memilih obat bibir bengkak yang disesuaikan dengan penyebabnya. Karena walaupun tidak terlalu berbahaya, bibir bengkak seringkali menjadi sangat mengganggu karena membuat penderitanya mengalami kesulitan dalam berbicara, makan, minum, hingga sekedar membuka mulut sekalipun. Dan disamping obat-obatan komersil atau yang melalui resep dokter, beberapa perawatan sederhana juga diketahui cukup ampuh untuk menanggulangi bibir bengkak dengan cepat di rumah.

Cara Cepat Mengatasi Bibir Bengkak
  • Kompres dingin. Tidak hanya efektif untuk menghilangkan sakit kepala (lihat Tips Cara Cepat Menghilangkan Sakit Kepala), kompres dingin juga ampuh untuk mengempiskan bibir bengkak. Bungkus beberapa es batu dengan kain lembut dan bersih, tempelkan pada bibir anda selama sekitar 10 menit, lalu angkat dan tunggu hingga beberapa saat, dan ulangi lagi prosesnya. Lakukan terus hingga bibir terlihat mengempis dan anda tidak lagi terganggu dengan rasa sakit atau gatal. Ingat! Jangan gunakan langsung es batu diatas bibir, anda harus membungkusnya terlebih dahulu dengan kain.
  • Kompres hangat. Sama seperti kompres dingin, cara ini juga cukup ampuh sebagai penanganan pertama untuk mengatasi bibir bengkak. Kompres hangat dapat membantu melancarkan aliran darah sehingga darah tidak menumpuk pada area bibir, dan hal ini akan membantu mengurangi terjadinya peradangan atau pembengkakan. Rendam waslap dalam air panas, peras untuk membuang kelebihan air, lalu tempelkan diatas bibir selama 10 menit. Anda dapat mengulangi prosesnya setelah 1 jam kemudian.
  • Kunyit. Bubuk kunyit dapat digunakan sebagai penyembuhan karena memiliki sifat antiseptik alami yang kuat. Untuk mengobati masalah bibir bengkak, anda bisa membuat pasta dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan sedikit air dingin. Oleskan pasta kunyit diatas bibir bengkak anda, biarkan hingga mengering secara alami, lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan hal ini sebanyak 2 kali sehari dengan rentang waktu beberapa jam. Cara ini diketahui cukup ampuh untuk mengatasi rasa sakit dan mencegah infeksi lanjutan.
  • Lidah buaya. Gel yang terdapat dalam batang daun lidah buaya bersifat dingin dan merupakan anti-inflamasi alami yang ampuh. Lidah buaya terutama sangat efektif untuk mengurangi pembengkakan dan rasa panas yang diakibatkan oleh gigitan serangga atau reaksi alergi. Ambil gel bening yang terdapat dalam bagian tengah daun lidah buaya, oleskan pada bibir yang bengkak dengan dipijat secara perlahan, biarkan selama beberapa saat, lalu bersihkan dengan air hangat. Anda dapat melakukan perawatan ini hingga 2 atau 3 kali sehari.
  • Teh hitam. Anda tentu biasa minum teh dengan menggunakan teh celup. Dan rata-rata teh celup yang dijual itu menggunakan teh hitam sebagai bahan dasarnya. Mengapa ini bisa mengatasi bibir bengkak? Teh hitam diketahui memiliki kandungan zat bernama tanin yang bersifat sebagai astringent yang luar biasa. Celupkan 1 kantong teh dalam air hangat selama beberapa menit, lalu angkat dan biarkan hingga dingin dan tidak menetes, tempelkan kantong teh tersebut diatas bibir selama 10 menit. Ulangi hingga 4 atau 5 kali sehari agar bibir kempis lebih cepat dan menghilangkan rasa tidak nyaman pada bibir.
Sebagai kesimpulan, selain mencoba beberapa tips cara menyembuhkan bibir bengkak diatas, anda juga harus mengatur pola dan menu makan untuk menjaga keseimbangan nutrisi. Ini sangat bermanfaat karena dapat mempercepat proses penyembuhan. Namun jika masalah bibir bengkak terjadi secara teratur, maka disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter langganan anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Cara Menyembuhkan Bibir Bengkak