Tips Cara Menggunakan Masker Rambut

Perkembangan gaya hidup membuat para wanita sudah terbiasa untuk mem-blow dry, menyasak, menggunakan styling foam dan gel rambut untuk membentuk rambut mereka sehari-hari. Khususnya bagi mereka yang tinggal di kota besar dimana penampilan menjadi salah satu faktor penunjang kesuksesan. Lalu apa hubungannya antara semua itu dengan topik mengenai tips cara menggunakan masker rambut yang akan dibahas kali ini? Seperti yang telah pernah dibahas dalam cara merawat rambut kering (lihat Tips Cara Merawat Dan Mengatasi Rambut Kering), pemakaian produk-produk penataan rambut yang mengandung bahan kimia secara terus-menerus tentu dapat merusak keindahan rambut. Karena itu, rambut harus dirawat agar selalu sehat dan tampak indah.

cara memakai masker rambut
cara merawat rambut menggunakan masker rambut
Selain dengan melakukan keramas rutin dan memakai kondisioner, rambut anda membutuhkan perawatan lebih untuk menjaga kesehatannya. Dan salah satu perawatan rambut ekstra yang terbilang cukup mudah adalah dengan memakai masker rambut seperti yang akan dibagikan pada Tips Perawatan Rambut kali ini. Walaupun terlihat sederhana dan mudah diaplikasikan, masker rambut terbukti efektif dalam menutrisi dan memperbaiki kondisi helai-helai rambut dari luar. Dan yang perlu diketahui, cara dalam menggunakannya tidak boleh sembarangan jika menginginkan hasil yang maksimal.

Trik Cara Memasker Rambut Yang Benar

  1. Sebelum memakai masker rambut, anda perlu untuk membersihkan rambut dengan menggunakan shampo terlebih dahulu. Pastikan rambut anda sudah terbilas dengan benar dan tidak ada sisa shampo yang menempel. Gunakan air dingin ketika melakukan keramas agar kutikula rambut terbuka.
  2. Peras rambut agar tidak ada air yang menetes, dan anda juga boleh memakai bantuan handuk kering untuk menyerap kelebihan air. Namun pastikan rambut tetap lembab dan setengah basah. Mulai oleskan masker rambut secara merata dengan menggunakan jari anda. Konsentrasikan mulai dari akar rambut sambil memijat-mijat kulit kepala secara perlahan. Fungsinya adalah agar peredaran darah menjadi lancar dan penyerapan nutrisi pada masker rambut menjadi sempurna.
  3. Setelah selesai di bagian akar rambut, maka lanjutkan prosesnya dengan mengoleskan masker secara merata pada bagian batang rambut hingga ke ujungnya. Pastikan seluruh helai rambut terlapisi dengan merata.
  4. Untuk mengoptimalkan dan mempercepat proses penyerapan nutrisi, maka bungkus rambut anda dengan handuk hangat (rendam handuk dalam air panas lalu peras). Hawa panas akan membuat helai-helai rambut lebih mudah menyerap segala nutrisi pada masker yang anda pakai.
  5. Bagi anda yang menggunakan masker rambut secara rutin setiap bulan, maka anda hanya membutuhkan sekitar 3 sampai 5 menit untuk membungkus rambut. Bagi masker rambut yang khusus diformulasikan untuk rambut kering dan rusak, maka bungkus rambut anda sekitar 5 – 8 menit.
  6. Setelah itu, bilas rambut anda dengan menggunakan air hangat. Sangat penting untuk diperhatikan, masker rambut harus dibilas dengan seksama hingga rambut benar-benar bersih. Anda harus membilas rambut anda dengan air hangat secara berulang-ulang. Hal ini tidak boleh diabaikan.

Bagaimana, mudah bukan? Mudah-mudahan penjelasan diatas dapat menambah pengetahuan  anda tentang cara memakai masker rambut yang baik dan benar. Idealnya anda cukup menggunakan masker rambut sebulan sekali. Namun jika rambut anda terlalu sering terkena berbagai produk penataan rambut, anda bisa melakukannya setiap 2 minggu sekali.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Cara Menggunakan Masker Rambut