Cara Menggemukkan Badan Pria Secara Alami

Berbicara mengenai cara menggemukkan badan pria secara alami, maka hal ini tidak terlepas dari cara hidup sehat (lihat Tips Cara Hidup Sehat Alami) yang sudah pernah dibahas sebelumnya dalam artikel tips kesehatan. Memiliki tubuh yang ideal memang impian ‘hampir’ seluruh orang di dunia, namun pengertian berat badan ideal mungkin agak sedikit berbeda untuk masing-masing individu. Kebanyakan wanita tentu sangat memimpikan untuk memiliki tubuh yang langsing, kebalikannya, mayoritas pria justru tidak suka memiliki tubuh langsing. Inilah alasan mengapa banyak sekali para pria yang mencari informasi mengenai cara menggemukkan badan dengan cepat. Mereka merasa terganggu dengan tubuh kurus yang membuat mereka terlihat kurang gagah sebagai lelaki.

tips menggemukkan badan pria

Menurut direktur nutrisi pada Miami Research Associates yang bernama Doug Kalman, "Kebanyakan pria kurus tidak bisa menambah massa otot mereka karena mereka hanya makan dan melakukan olahraga secara salah." Apalagi jika menambah asupan makanan tanpa melakukan olahraga sama sekali, ini tentu sebuah hal yang benar-benar keliru. Jika ada tips menggemukkan badan yang tanpa menyertakan pertimbangan mengenai kesehatan tubuh, maka tips tersebut tidak seharusnya diikuti. Perlu diingat bahwa menambah berat badan haruslah diimbangi dengan membangun massa otot dengan benar. Jika tujuan itu tercapai, maka tubuh ideal yang diimpikan akan anda miliki.

Cara Alami Menggemukkan Badan

Tidak perlu obat-obatan atau berbagai multivitamin untuk dapat menambah bobot tubuh anda dengan cepat. Hanya diperlukan sedikit pengetahuan mengenai nutrisi yang benar dan bagaimana cara berlatih dengan benar untuk mendapatkannya. Berikut ini hal-hal penting yang harus dipahami jika ingin menggemukkan badan secara alami.
  • Tambah asupan protein harian anda. Protein adalah makanan bagi otot yang membuat otot-otot anda dapat tumbuh dan berkembang. Dan karena otot lebih berat daripada lemak, maka menambah massa otot akan membuat bobot tubuh anda bertambah sekaligus menjadikan tubuh anda terlihat lebih kekar. Resep sederhananya adalah menambahkan sekitar 2,5gr protein untuk setiap kg bobot tubuh anda. Jadi jika bobot tubuh anda saat ini 50kg, maka anda harus menambahkan sekitar 125gr protein dalam menu harian anda. Gunakan rumus berikut untuk mengetahui berapa banyak asupan kalori yang harus anda konsumsi setiap hari.
(Bobot tubuh anda x 12) x 1,6 = ... (jumlah kalori yang anda bakar tanpa latihan sama sekali)
(jumlah menit yang anda habiskan setiap minggu untuk latihan beban x 5) + (jumlah menit yang anda habiskan setiap minggu untuk latihan aerobik seperti jogging/berenang/bersepeda x 8)= ... : 7 = ...
Jumlahkan A + B + 500 = ... (ini adalah jumlah kalori yang harus anda konsumsi setiap hari untuk dapat menambah bobot tubuh sekitar 0,5kg dalam seminggu).
  • Tingkatkan jumlah waktu yang anda habiskan untuk latihan kekuatan otot. Konsentrasikan untuk membangun kelompok otot terbesar anda seperti latihan squats, pull ups, bench presses, dan dead lifts (masing-masing 3 set dengan 12 kali pengulangan untuk setiap set). Pastikan untuk istirahat selama 2 – 3 menit setiap set. Berikan waktu bagi otot anda untuk pulih setiap habis melakukan latihan kekuatan. Otot akan tumbuh ketika anda sedang dalam masa istirahat, karena itu biarkan tubuh anda istirahat selama 24 jam setelah anda melakukan latihan kekuatan.
  • Konsumsi camilan sehat yang dapat dengan cepat mengganti energi tubuh yang hilang setiap melakukan latihan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Birmingham, Inggris, camilan akan membantu anda meningkatkan daya tahan tubuh saat latihan. Karbohidrat dapat meningkatkan tingkat insulin dalam tubuh anda, dan ini akan sangat membantu untuk memperlambat tubuh anda dalam memecah protein, karena seperti anda ketahui bahwa protein sangat dibutuhkan untuk membangun otot. Mengkonsumsi pisang, segenggam buah kering, atau shake buah akan sangat baik setelah anda melakukan latihan.
  • Tetap lakukan latihan endurance seperti aerobik, berenang, jogging, ataupun bersepeda. Walaupun jenis latihan tersebut dapat membakar kalori lebih banyak, namun latihan tersebut sangat berguna bagi otot-otot tubuh anda. Selain itu, latihan endurance juga sangat baik bagi kesehatan jantung dan membuat anda lebih fit ketika melakukan latihan kekuatan.
  • Makan enam kali sehari. Sangat penting untuk menjaga tubuh anda tetap tersuplai dengan energi dan nutrisi sepanjang hari. Silahkan atur sendiri menu dan jenis makanan yang anda suka, yang jelas jumlah asupan protein dan kalori yang anda konsumsi dalam sehari sesuai dengan hitungan diatas. Selain itu, anda juga harus mendapatkan tidur malam yang cukup (pastikan untuk mendapatkan tidur 8 jam setiap malam).
Penting untuk dipahami bahwa panduan yang disampaikan diatas bukanlah ‘harus’ benar-benar dituruti seperti itu. Tubuh anda memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan mudah, jadi anda dapat mengatur sendiri jadwal dan rutinitas yang diperlukan berdasarkan panduan diatas. Semoga tulisan saya mengenai tips menggemukkan badan pria dengan cepat diatas bisa cukup membantu!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menggemukkan Badan Pria Secara Alami