Tips Cara Awet Muda Secara Alami

cara menjadi cantik dan awet muda
Siapa yang tidak ingin terlihat awet muda? Saya dan anda semua pasti menginginkan untuk tetap terlihat cantik dan awet muda selamanya. Rahasia awet muda menjadi salah satu kisah klasik yang banyak dituangkan dalam naskah-naskah kuno, bahkan dalam naskah yang telah berumur ribuan tahun. Karena itu, dalam tips kecantikan kali ini, saya ingin membahas lebih dalam mengenai tema ‘cara awet muda’. Namun bukan yang dengan melalui prosedur bedah kosmetik atau yang sejenis dengannya, melainkan dengan jalan termudah dan termurah, yaitu tips awet muda secara alami. Dan yang akan anda baca selanjutnya dibawah ini adalah kumpulan saran dari banyak ahli kecantikan yang telah melakukan serangkaian uji coba serta penelitian mengenai hal ini.

Selain karena faktor genetika yang cukup berpengaruh, kemunculan kerutan-kerutan halus pada kulit sebenarnya dapat ditunda selama mungkin, dan ini tidak memerlukan biaya yang mahal ataupun suntikan botox yang rutin. Para ahli sepakat bahwa gaya hidup sehat seperti bagaimana anda berolahraga, makanan yang anda konsumsi, serta cara anda mengatasi stres, menjadi kunci yang penting. Cara agar awet muda sebenarnya sangat sederhana dan relatif mudah, khususnya bagi anda yang sudah terbiasa menjalani pola hidup sehat.

Resep Awet Muda Alami

1. Berikan Tubuh Waktu Istirahat
Penelitian terbaru berhasil membuktikan jika stres menyebabkan perubahan fisik dalam tubuh yang bisa mempercepat penuaan. Lonjakan hormon adrenalin dan kortisol menyebabkan tekanan darah meningkat dan jantung juga berdetak lebih cepat. Dan dengan berbagai faktor pemicu stres (tekanan dan beban kerja yang tinggi, kemacetan lalu lintas, masalah keuangan, dll) yang sepertinya tidak ada hentinya, maka peningkatan adrenalin dan kortisol yang hingga dosis kronis menjadi hal umum yang mempengaruhi kesehatan fisik dan emosional kita.

Penulis buku “The Relaxation Response” sekaligus direktur dari Benson-Henry Institute for Mind Body Medicine, Herbert Benson, MD, mengatakan bahwa 60% sampai 90% dari pasien yang mengunjungi dokter-dokter di kota besar setiap tahunnya lebih banyak terkait dengan masalah rasa cemas, depresi, kemarahan dan permusuhan yang obsesif, insomnia, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung. Hal-hal yang kemudian diketahui disebabkan oleh stres.

Cara paling efektif untuk menghentikan rentetan momen destruktif ini adalah dengan bermeditasi, atau yang disebut oleh Dr. Benson dengan istilah ‘respon relaksasi’. Suatu teknik dengan pengulangan mantra/do’a (kata, suara, frasa) untuk sesedikitnya 10 menit setiap harinya. Dan bagi anda yang beragama Islam, ini adalah salah satu bukti ilmiah dari manfaat sholat. Karena itu, gunakan waktu sholat dengan baik agar awet muda. Lakukan dengan tenang dan khusuk. Penelitian yang dilakukan oleh Massachusetts General Hospital di Boston pada tahun 2005 membuktikan bahwa meditasi (termasuk sholat) dapat membantu mencegah perubahan pada otak yang terkait dengan bertambahnya usia.

2. Makanan Untuk Awet Muda
  • Asam lemak omega-3 (banyak terdapat pada ikan salmon, kenari, dan biji-bijian) diketahui dapat membantu menstabilkan suasana hati, menguatkan tulang, dan mencegah tanda-tanda penuaan dengan mengurangi peradangan dalam tubuh. Dalam buku “7 Secrets to Beauty, Health, and Longevity”, Nicholas Perricone, MD, mengatakan jika omega-3 juga meningkatkan kemampuan enzim tubuh dalam menarik lemak (dari bagian pinggul, paha, dll), dan merubahnya menjadi energi. Selain menjaga tubuh anda tetap sehat, asam lemak omega-3 juga akan membuat kulit anda lebih cerah bercahaya. Hampir semua ahli kecantikan dan kesehatan sepakat jika tubuh anda memerlukan asupan asam lemak omega-3 sebanyak 2 gr/hari.
  • Delima. Buah yang menurut penelitian dikatakan memiliki khasiat jauh lebih hebat diatara buah-buahan lainnya. Konsumsi jus delima dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah, mencegah aterosklerosis, mengurangi resiko terkena Alzheimer, mencegah beberapa jenis kanker, dan melindungi kulit anda dari kerusakan (kering, kusam, keriput) yang disebabkan oleh sinar UV. Jadi anda bisa mengandaikan jus delima sebagai jamu awet muda dan mengkonsumsinya secara rutin.
  • Goji berry. Buah asli Tibet yang diketahui memiliki kandungan vitamin C 500 kali lebih banyak dari buah jeruk (dalam porsi yang sama), dan kandungan karotenoid yang paling melimpah. Dr.Perricone mengatakan jika goji berry mengandung zat besi lebih banyak dari bayam, 18 jenis asam amino, kalsium, magnesium, seng, selenium, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, dan vitamin E. Buah ini memicu pelepasan hormon pertumbuhan pada tubuh kita, yaitu zat yang memudahkan kita untuk tidur, membantu kita terlihat tetap muda, mengurangi lemak, meningkatkan memori, meningkatkan libido, dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Teh hijau. Menurut seorang profesor biokimia di Tuft University yang juga seorang peneliti kanker, Amy Yee, PhD, teh hijau memiliki kandungan senyawa yang sangat luar biasa dalam hal menghalangi jaringan sinyal yang berhubungan dengan perkembangan sel kanker. Berbagai penelitian lain juga menunjukkan jika teh hijau dapat menjaga berat badan tetap normal, membantu mencegah alzheimer, dan menjaga kemampuan otak anda tetap tajam walaupun usia bertambah.

3. Olahraga Untuk Tetap Awet Muda
Tips agar awet muda selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga dan latihan secara rutin. Banyak penelitian yang telah berhasil menemukan keterkaitan langsung antara melakukan olahraga dan latihan dengan tubuh yang tetap awet muda. Beberapa jenis olahraga atau latihan yang disarankan antara lain:
  • Yoga. Latihan yang menggabungkan antara pikiran dan tubuh ini akan membuat tubuh anda lebih berenergi, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan fleksibilitas, memperbaiki mood, dan menurunkan tingkat stres. Menurut Cyndi Lee, pendiri New York City’s Om Yoga, metode pernapasan yoga dapat membuat anda menjadi sadar akan hubungan antara pikiran dan tubuh. Ini adalah metode cara awet muda alami yang mudah dan menyenangkan. Pernapasan yoga bertujuan untuk mengoksidasi sel, membersihkannya dari racun, mencegah penyakit, dan membuat kulit lebih bercahaya. Sedangkan pose-pose yoga dapat membantu meremajakan sistem pencernaan, sistem reproduksi, dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Latihan otak. Dalam Journal of American Medical Association yang diterbitkan pada Desember 2013 lalu dikatakan jika latihan otak dapat secara signifikan mencegah penurunan kognitif. Tanda-tanda penuaan yang berupa penurunan fungsi otak dapat diatasi dengan latihan sederhana seperti mengisi TTS, sudoku, permainan-permainan otak lainnya.

4. Menutrisi Kulit Dengan Suplemen
Yang terakhir, ini tidak hanya bermanfaat sebagai cara merawat wajah agar awet muda, namun juga untuk kulit tubuh anda secara keseluruhan. Selain vitamin C dan E yang memang secara umum baik untuk kulit, beberapa suplemen yang sangat disarakan untuk membuat kulit wajah anda tetap awet muda adalah retinol, alpha lipoic acid, dan madecassol atau madecassoside. Retinol adalah salah satu turunan vitamin A yang berfungsi untuk membuat kulit anda tetap halus dan lembut, mencerahkan, menjaga kekenyalannya, dan mencegah terjadinya keriput. Sedangkan alpha lipoic acid adalah antioksidan kuat yang secara alami diproduksi oleh tubuh kita. Fungsinya selain efektif untuk mengurangi garis-garis halus, juga untuk memperbaiki tekstur kulit, mengecilkan pori-pori, dan membuat kulit lebih cerah bercahaya.

Khusus untuk madecassol atau madecassoside, ini adalah ekstrak dari sejenis tanaman yang berasal dari Asia. Fungsi utamanya adalah untuk membantu mengurangi keriput, mengembalikan kekencangan kulit, dan melembabkan sel-sel kulit. Selain itu, madecassol juga dapat membantu meyembuhkan dan menyamarkan bekas luka lebih cepat.

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai tips cara awet muda secara alami yang telah saya jabarkan panjang lebar diatas. Intinya adalah mengenai bagaimana cara anda menjalani hidup dengan ringan dan meminimalisir beban atau tingkat stres. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat bagi kita semua!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Cara Awet Muda Secara Alami