Cara Cepat Belajar Kunci Gitar Untuk Pemula

Jaman SMP dulu ada ungkapan yang berbunyi "yang namanya cowo harus bisa main gitar" dan ungkapan tersebut yang membuat saya berusaha untuk dapat memainkan alat musik gitar. Mungkin alasan yang terdengar konyol akan tetapi sebenarnya sah-sah saja karena kita tentunya memerlukan sebuah dorongan atau semangat untuk melakukan sesuatu. Bermain gitar dapat dikatakan gampang-gampang susah karena kalau mau dibilang gampang ya tidak dan kalau mau dibilang susuah yang tidak juga. Yang paling penting adalah niat, karena kalau kita sudah memiliki niat tentunya kita juga menjadi memiliki semangat yang kuat untuk melakukanya. Sebenarnya ada beberapa cara cepat belajar kunci gitar untuk pemula yang dapat dipelajari dan kali ini saya akan membagikan beberapa caranya menurut pengalaman yang saya punya.

Cara Cepat Belajar Kunci Gitar Untuk Pemula
Cara Cepat Belajar Kunci Gitar Untuk Pemula

Belajar Chord Gitar

Hal dasar yang harus diketahui untuk dapat memainkan sebuah alat musik termasuk gitar adalah chord atau kunci. Setiap alat musik tentunya memiliki caranya sendiri untuk dapat membentuk suatu chord yang dapat menghasilkan sebuah nada. Misalkan saja jika kita bermain piano, untuk dapat membentuk sebuah nada G ada beberapa tombol yang harus di tekan agar dapat menghasilkan sebuha chord yang disebut kunci atau chord G dan begitu juga dengan gitar. 

Ada Banyak sekali chord gitar yang kalau mau dipelajari semua mungkin bisa mencapai ratusan karena misalnya satu kunci gitar G memiliki semacam turunan atau perubahan misalanya G, Gm, G#m, G7 dan lain sebagainya. Namun sebagai pemula yang baru akan belajar kunci gitar tentunya anda tidak perlu pusing dan bingung bagaimana cara menghafal semua kunci gitar yang ada, karena anda cukup mempelajari kunci-kunci dasar gitar terlebih dahulu.

Kunci Dasar Gitar

Kunci dasar gitar adalah kunci yang sering digunakan dan cenderung lebih mudah dimainkan. Kunci dasar itu sendiri dibagi menjadi dua macam yaitu kunci major dan kunci minor. Kunci major itu seperti Kunci C, D, E, F, G, A, B sedangkan kunci minor seperti Cm, Bm, Dm, Em, Fm, Gm, Am dan Bm. Kunci-kunci tersebut dapat dikatakan kunci basic atau dasar karena kunci-kunci tersebut merupakan kunci awalan yang sangat sering digunakan untuk membentuk sebuah tangga nada. Adapun Gambar Dari Kunci Dasar tersebut adalah sebagai berikut.

Cara Cepat Belajar Kunci Gitar Untuk Pemula
Kunci Dasar Gitar Major

Cara Cepat Belajar Kunci Gitar Untuk Pemula
Kunci Dasar Gitar Minor


Jika anda masih belum faham dengan maksud gambar di atas maka akan saya jelaskan. Kita ambil contoh kunci D dimana disitu terdapat gambar garis kotak-kotak dengan tiga titik hitam dan juga dengan tanda x dan o di bagian atas. Tiga titik hitam tersebut adalah titik dimana jari anda harus menekan pada titik tersebut, dan tanda x berarti tidak boleh dipetik dan tanda o boleh di petik. sedangkan garis-gari menunjukan jumlah senar gitar anda. Jadi anda dapat membacanya dari kanan ke kiri dimana garis yang paling kanan adalah senar satu sedangkan garis paling kiri adalah senar 6 sehingga jika anda membaca gambar pada kunci D adalah pada senar satu fret ke dua yang di tekan, pada senar dua fret tiga yang di tekan dan pada senar tiga fret dua yang di tekan lalu senar empat silahkan di petik juga tanpa perlu menekanya dan senar lima dan 6 jangan di petik. Sedangkan pada kunci minor yang ada angka 5, 7, 8 dan seterusnya adalah nomer freet atau kolom pada gitar anda.  

Cara Cepat Menghafal Kunci Gitar

1. Jangan Berusaha Menghafal Kunci Dalam Jumlah Banyak
Jika anda dalah pemula yang baru mau belajar kunci maka tentunya jangan pernah mencoba untuk menghafal semua kunci yang ada. Mulailah dengan belajar dua atau bahkan satu kunci dahulu, anda bisa memulainya dengan menghafal kunci C karena kunci tersebut cukup mudah dan juga sangat sederhana. Setelah cukup lancar anda dapat mulai mencoba menghafal kunci selanjutnya seperti kunci G. Kedua kunci tersebut selain cukup mudah di hafal, juga sangat sering digunakan dalam beberapa lagu. Dengan hanya belajar beberapa kunci gitar saja terlebih dahulu maka akan membuat anda menjadi lebih fokus dan juga lebih mudah mengingatnya.

2. Berlatih Berpindah Kunci atau Chord
Untuk dapat menghafal dan juga membiasakan jari anda untuk memainkan kunci C dan juga G anda harus mulai belajar berpindah kunci. Hal ini memang tidak harus dilakukan dengan cepat karena anda dapat memulainya dengan perlahan dan juga dengan gerakan yang lambat terlebih dahulu. Secara bertahap anda akan mulai menjadi terbiasa dengan perpindahan kunci tesebut sehingga lama-lama akan membuat perpindahan anatara chord anda menjadi lebih cepat.

3. Mencari Guru
Guru disini bukan harus berarti orang, karena guru disini bisa berupa artikel yang sedang anda baca saat ini dan juga video dari youtube. Akan tetapi jika anda mendapatkan orang yang mau mengajari anda cara belajar kunci gitar tentunya akan lebih baik lagi karena dia akan sangat membantu anda dalam hal memperbaiki posisi jari anda dalam menekan senar gitar dan juga setidaknya secara tidak langsung dia akan memberikan motivasi bagi anda agar dapat memainkan kunci gitar dengan benar dan lebih cepat dibandingkan anda belajar sendiri.

4. Cetak Diagram Kunci Gitar
Dengan memiliki kunci diagram yang sudah di cetak maka hal ini benar-benar akan membantu anda untuk melihat secara jelas seperti apa chord yang seharusnya dibentuk. Mungkin anda dapat menempelkannya pada dinding kamar atau tempat yang sering anda kunjungi karena akan membantu anda dalam mengingat kunci-kunci gitar yang sedang anda pelajari.

5. Belajar Lagu-Lagu Sederhana
Dari pengalaman saya belajar kunci gitar, hal ini adalah hal yang paling penting. Karena dengan belajar memainkan sebuah lagu anda akan belajar mengikuti tempo, balajar memindahkan kunci dan anda menjadi terbiasa dan memiliki feel dalam bermain gitar. Lagu yang di pilih tentunya lagu yang memiliki sedikit kunci dan juga enak di dengar karena hal ini akan sangat membantuk anda. Sebagai contoh waktu pertama belajar gitar lagu yang saya coba pelajari adalah lagu dari Peterpan yang berjudul mimpi yang sempurna. Lagu tersebut hanya memiliki 4 kunci saja yaitu Em-C-G-D atau jika ingin lebih sedikit lagi anda dapat belajar dengan menggunakan lagu dari Sheila on 7 yang berjudul Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki dimana hanya menggunakan dua kunci saja yaitu G dan C.

6. Terus Berlatih
Hal ini sangat penting karena percuma anda sudah melakukan semua hal dari 1 sampai ke 5 akan tetapi anda jarang berlatih. Karena semakin sering anda berlatih maka akan membuat anda semakin terbiasa dan tentunya akan membuat anda semakin cepat belajar kunci gitar sebagi seorang pemula. Untuk itu jika memang anda sangat memiliki tekat untuk dapat memainkan kunci gitar maka tentunya anda harus terus giat berlatih.

Untuk lebih jelasnya berikut ada beberapa video tutorial cara cepat belajar kunci gitar untuk pemula yang mungkin dapat membantu anda agar lebih paham.






Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Cepat Belajar Kunci Gitar Untuk Pemula