Cara Mengendalikan Emosi yang Meluap-Luap

Cara Mengendalikan Emosi – Setiap orang pada dasarnya memiliki batas kesabaran berbeda-beda. Tidak semua orang sabar dalam menghadapi ujian hidup, oleh karena itulah pengendalian emosi haruslah dilakukan dengan baik.

Pengendalian emosi sangat erat kaitannya dengan kedewasaan seseorang. Belum tentu seseorang yang sudah berumur 30 tahun lebih dewasa dari yang masih berumur 25 tahun. Kedewasaan bukan soal umur, tapi tentang bagaimana kita mengendalikan emosi agar tidak meluap-luap.

Cara Mengendalikan Emosi yang Meluap-Luap
Cara Mengendalikan Emosi yang Meluap-Luap

Orang tua yang marah-marah nggak jelas akan terlihat lebih kekanak-kanakan dari pada remaja yang bisa mengendalikan emosinya. Oleh sebab itu, sebelum terlambat lakukan cara mengendalikan emosi dengan mudah berikut ini.

Tips Mengendalikan Emosi dengan Mudah Agar Lebih Sabar


1. Ketahui penyebab timbulnya emosi
Tidak ada orang yang lebih mengetahui Anda dari pada diri sendiri. Maka dari itu, kenali diri sifat diri sendiri dulu baik kelebihan ataupun kekurangannya. Bila akhir-akhir ini Anda sering marah-marah, cobalah untuk menelusuri apa sih penyebabnya. Jangan sampai orang yang tak bersalah mendapatkan luapan emosi dari Anda. Setelah ketemu penyebab emosi meluap, Anda bisa menyelesaikan masalah tersebut. Misalnya ada teman yang bicaranya Anda anggap menyakiti hati. Nah Anda bisa menyelesaikannya dengan menanyakan maksud si teman apa. Usahakan menanyakan dengan kepala dingin ya agar tak muncul masalah baru.

2. Memberikan waktu untuk otak
Biasanya seseorang yang emosi tindakannya tak dipikirkan dulu matang-matang, apalagi emosi tersebut muncul dilandasi dengan dendam. Sebelum nasi menjadi bubur, ada baiknya Anda berfikir jernih dulu sebelum bertindak. Berikan waktu setidaknya 3 hari untuk berfikir jernih dengan kepala dingin. Dalam waktu tiga hari tersebut saya yakin Anda akan menemukan solusi yang bijak dalam menanggapi masalah saat ini. Namun, bila tidak juga menemukan solusi, teman atau keluarga mungkin bisa memberikan saran terbaik bagi Anda.

3. Selalu berfikir positif
Penyebab munculnya emosi salah satunya karena kita selalu berfikir negatif. Kata-kata teman yang sebelumnya bermaksud bercanda saja kita anggap sebagai sebuah ejekan, pelecehan, dan bahkan tantangan.Oleh sebab itu, sebelum Anda meluapkan emosi kepada seseorang ada baiknya selalu berfikir positif. Caranya mudah kok, bayangkan saja apa yang dilakukan orang lain itu adalah jalan terbaik dari Allah untuk kita.

4. Tenang dan kuasai
Banyak orang yang mengatakan tenang dan kuasai saat merasa emosi, tapi hanya sedikit dari mereka yang mampu melakukannya. Sikap tenang menjadikan seseorang lebih bisa mengambil keputusan terbaik dan mengontrol berbagai sifat buruk.Untuk mendapatkan ketenangan salah satunya Anda bisa melakukan meditasi. Duduklah di tempat yang sunyi, jauh dari keramaian kota. Kemudian pejamkan mata dan hirup-hembuskan udara secara perlahan-lahan selama 30 menit.

Bagaimana, masih kah Anda merasa emosi? Saya yakin setelah menerapkan cara mengendalikan emosi diatas, Anda akan bersikap lebih dewasa dalam mengatasi berbagai masalah seberat apapun itu. Selamat mencoba!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengendalikan Emosi yang Meluap-Luap

0 komentar:

Poskan Komentar