Cara Merobohkan Sapi Untuk Disembelih Dengan Mudah Saat Kurban

Cara Merobohkan Sapi Untuk Disembelih Dengan Mudah Saat Kurban - Walaupun pada setiap tahunnya kita merayakan Ibadah Kurban yang dilakukan dengan menyembelih hewan kurban, Masih sering kita temui kejadian-kejadian dimana hewan yang akan dirobohkan untuk disembelih ini melawan dan mengamuk sehingga panitia menjadi kesulitan untuk mengatasi hal tersebut. Padahal untuk merobohkan hewan kurban seperti sapi tidak dapat dilakukan sembarangan karena ada yang namanya animal welfare (kesejahteraan hewan). Dimana hewan termasuk sapi tidak boleh dirobohkan dengan kasar. Bahkan masalah merobohkan sapi ini saja pernah menjadi berita dimana Australia melakukan penyetopan ekspor sapinya ke Indonesia karena ada rumah potong di Indonesia yang tidak memenuhi prinsip animal walfare. 
Cara Merobohkan Sapi Untuk Disembelih Dengan Mudah Saat Kurban
Gambar 1.1 Cara Merobohkan Sapi Untuk Disembelih Dengan Mudah Saat Kurban

Teknik Merobohkan Sapi Dengan Mudah
Memang untuk dapat merobohkan sapi dengan cara yang halus atau dengan tidak kasar bukanlah yang mudah, mengingat sapi tergolong memiliki tenaga yang cukup besar. Apalagi jika sapi tersebut sudah mengamuk maka sudah bisa dipastikan bahwa sapi akan susah dirobohkan. Sebetulnya ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk merobohkan sapi dengan cukup mudah. Cara yang sering sekali digunakan oleh masyarakat saat akan merobohkan sapi kurban adalah dengan mengikat ke empat kaki sapi menjadi satu di tengah lalu mengikat kepala sapi pada satu tonggak yang kuat kemudian tali pada kaki tersebut ditarik hingga sapi tersebut jatuh dan roboh. 

Dengan menggunakan teknit atau cara tersebut, maka sudah dapat dibayangkan sapi akan terjatuh dengan cukup keras sehingga bisa saja mengakibatkan sapi mengalami cidera sebelum disembelih. Padahal hal tersebut tidak sesuai dengan agama maupun prinsip animal welfar. Selain Itu Juga Sapi yang stres atau cidera saat sebelum disembelih maka akan membuat daging sapi tersebut menjadi cepat busuk dan tidak tahan lama. Untuk itu berikut ini adalah teknik bagaimana cara merobohkan sapi untuk disembelih dengan mudah.
Cara Merobohkan Sapi Untuk Disembelih Dengan Mudah Saat Kurban
Cara Merobohkan Sapi Untuk Disembelih Dengan Mudah Saat Kurban

Langkah - Langkah Merobohkan Sapi Untuk Disembelih dengan mudah :

  • Pertama - tama siapkanlah seutas tali dengan panjang sekitar 10 meter
  • Setelah itu lilitkan tali tersebut pada sapi mulai dari bagian kepala hingga ekor seperti gambar 1.1
  • Saat tali dililitkan dan dibentuk simpu seperti di atas, maka ada satu orang yang diberi tugas untuk memegangi kepala sapi untuk mencegah agar kepala sapi tidak tertekuk saat jatuh.
  • setelah tali simpul sudah mengikat pada sapi, maka yang perlu dilakukan adalah menarik tali simpul tersebut dari bagian belakang.
  • Sebenarnya tidak perlu tenaga yang luar biasa besar untuk dapat menarik hingga sapi roboh dan jatuh, yang terpenting hanyalah anda harus yakin.
  • Saat sapi sudah terjatuh anda harus tetap memegang tali tersebut dengan kuat dan jangan sampai tali tersebut menjadi kendur karena jika kembali kendur maka sapi tersebut bisa bangun lagi.
  • Setelah itu beberapa orang bisa masing - masing mengikat kaki depan dan juga belakang untuk diikat menjadi satu. Leher sapi harus ditekan agar sapi tersebut tidak bangkit lagi. 

Nah biar penjelasan di atas lebih mudah dipahami, maka anda bisa melihat cuplikan videonya di bawah ini.

Setelah melihat video dan juga membaca Cara Merobohkan Sapi Untuk Disembelih Dengan Mudah Saat Kurban semoga bisa membantu anda dalam hal mempermudah saat proses penyembelihan hewan kurban. Semoga membantu

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merobohkan Sapi Untuk Disembelih Dengan Mudah Saat Kurban

1 komentar:

  1. alhamdulillah bermanfaat sekali informasi mengenai kurban ini, terimakasih.

    BalasHapus